5 Fakta Calon Raja Brunei Baru, Bukan Pangeran Mateen!

Jakarta, CNBC Indonesia – Bila mendengar Brunei Darussalam, salah satu hal pertama yang melintas di pikiran masyarakat Indonesia adalah Pangeran Abdul Mateen.

Tak heran, Putra keempat sekaligus anak kesepuluh Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah ini memang akrab di tengah masyarakat Indonesia karena sering mengunjungi Tanah Air untuk mendampingi sang ayah. Namun, Pangeran Abdul Mateen ternyata bukanlah sosok yang akan menggantikan Sultan Hassanal Bolkiah sebagai pemimpin Brunei Darussalam.

Faktanya, sosok yang akan menjadi Raja Brunei Darussalam selanjutnya adalah Pangeran Al-Muhtadee Billah. Lantas, siapakah Pangeran Al-Muhtadee Billah? Berikut faktanya, melansir dari laman resmi Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam.

Sultan Brunei/ REUTERS/Ahim RaniFoto: Sultan Brunei Hassanal Bolkiah / REUTERS/Ahim Rani

1. Putra Pertama Sultan Hassanal Bolkiah

Pangeran Al-Muhtadee Billah adalah anak ketiga sekaligus putra pertama Sultan Hassanal Bolkiah bersama istri pertama, Raja Isteri Pengiran Anak Saleha, yang lahir di Bandar Seri Begawan pada 17 Februari 1974 silam.

Pada 10 Agustus 1998 lalu, pangeran yang bernama lengkap Al-Muhtadee Billah Bolkiah ini dikukuhkan sebagai Putra Mahkota. Enam tahun setelah menjadi Putra Mahkota atau pada 2004, Pangeran Al-Muhtadee Billah dianugerahkan pangkat Jenderal di Angkatan Bersenjata Kerajaan Brunei oleh Sultan Hassanal Bolkiah.

Setahun kemudian, yakni pada 2005, Pangeran Al-Muhtadee Billah memperoleh pangkat Wakil Irjen Polisi dan diangkat menjadi Menteri Senior di Kantor Perdana Menteri. Adapun, pengangkatan sebagai Menteri Senior adalah pada 24 Mei 2005.

Dalam aktivitas kenegaraan di Internasional, Pangeran Al-Muhtadee Billah telah beberapa kali mewakili Sultan Hassanal Bolkiah dalam kunjungan resmi, menghadiri konferensi, dan pertemuan resmi di luar negeri.

Pada 2008, 2011, 2012, dan 2014 lalu, Pangeran Al-Muhtadee Billah menjadi perwakilan pribadi Sultan Hassanal Bolkiah di Majelis Umum PBB dan menyampaikan pidato pada pertemuan tersebut.

2. Putra Mahkota Lulusan Oxford

Menurut sumber yang sama, Pangeran Al-Muhtadee Billah sempat mengenyam pendidikan di Pusat Studi Islam Oxford, Inggris, pada Oktober 1995 silam.

Pada 1997, ia lulus dengan gelar Diploma Studi Diplomatik setelah menyelesaikan Program Layanan Luar Negeri Universitas Oxford di Perguruan Tinggi Magdalen, Universitas Oxford.

Pada 2006, Sultan Hassanal Bolkiah menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan di bidang Sastra kepada Pangeran Al-Muhtadee Billah pada 4 September saat Upacara Pertemuan ke-18 Universiti Brunei Darussalam.

“Selain menegaskan status dan tingkat kecakapan Yang Mulia (Pangeran Al-Muhtadee Billah), penunjukan dan penghargaan ini juga menambah kepercayaan dan dorongan terhadap peran Yang Mulia dalam mendukung kepemimpinan dan pemerintahan,” tulis laman Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam, dikutip Senin (18/12/2023).

3. Sederet Jabatan Pangeran Al-Muhtadee Billah

Saat ini, Pangeran Al-Muhtadee Billah menjabat sebagai Menteri di Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam sejak 7 Juni 2022 lalu. Sebelumnya, pangeran berusia 49 tahun ini sempat menduduki beberapa jabatan, yakni.

  • Ketua Autoriti Monetari Brunei Darussalam (2011-2020)
  • Ketua Dewan Tertinggi Wawasan Brunei (sejak 2014)
  • Ketua Dewan Direksi Perusahaan Patungan Brunei Shell (Sejak 2018)
  • Pelindung Kerajaan Dewan Nasional Heart of Borneo Brunei Darussalam (sejak 2011)
  • Pelindung Otoritas Pembangunan Distrik Temburong (sejak 2018)
  • Ketua Badan Perencanaan Ketenagakerjaan (2015-2019)
  • Ketua Dewan Nasional Penanggulangan Bencana (2006-2018)
  • Ketua Pramuka Persatuan Pramuka Brunei Darussalam (sejak 2013)

4. Punya Klub Sepak Bola

Adik dari Putri Rashidah dan Putri Muta-Wikkilah ini adalah sosok yang hobi berolahraga. Dalam hobinya, Pangeran Al-Muhtadee Billah menyukai snooker, bowling, bulu tangkis, dan sepak bola.

Di dunia sepak bola, Pangeran Al-Muhtadee Billah adalah pemilik Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club (DPMM FC) yang kini bertengger di posisi ketujuh papan klasemen Liga Singapura (S. League).

5. Memiliki Empat Anak

Pada 9 September 2004 lalu, Pangeran Al-Muhtadee Billah menikah dengan Pengiran Anak Sarah binti Pengiran Haji Salleh Abdul Rahaman. Saat ini, keduanya dikaruniai dua anak laki-laki dan dua anak perempuan, yakni.

  1. Pangeran Abdul Muntaqim (lahir 17 Maret 2007)
  2. Putri Muneerah Madhul Bolkiah (lahir 2 Januari 2011)
  3. Pangeran Muhammad Aiman (lahir 7 Juni 2015)
  4. Putri Faathimah Az-Zahraa’ Raihaanul Bolkiah (lahir 1 Desember 2017) https://lepassaja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*